Pemkot Tual Dapat Hibah Kapal Pelra Dari Kemenhub | Liputan 24 Sulawesi Tengah
Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pemkot Tual Dapat Hibah Kapal Pelra Dari Kemenhub

Posted by On 9:52 PM

Pemkot Tual Dapat Hibah Kapal Pelra Dari Kemenhub

Kementerian Perhubungan akan menghibahkan bantuan kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) kepada pemerintah kota Tual guna melayani masyarakat yang ada di pulau-pulau. Tual, Tribun-Maluku.com : Kementerian Perhubungan akan menghibahkan bantuan kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) kepada pemerintah kota Tual guna melayani masyarakat yang ada di pulau-pulau.
"Bantuan kapal akan diserahkan kementerian perhubungan kepada Plt Walikota Tual Abdul Hamid Rahayaan, pada 19 April nanti," kata Kabag Humas Pemkot Tual, Moksen Ohoiyuf di Tual, Selasa (17/4).
Dia menjelaskan, bantuan kapal dengan kapasitas 35 GT dari kementerian perhubungan untuk 24 kabupaten/kota termasuk kota tual didalamnya.
"Bantua n kapal Untuk Provinsi Maluku hanya 5 daerah yakni Kota Tual, Kabupatan Malra, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Kabupaten Aru dan Kabupaten Seram Bagian Timur," terangnya.
Dijelaskan lebih lanjut, bantuan ini akan diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan laut di pelabuhan Sukarno Hatta Makasar.
Kabag Humas Kota Tual menambahkan, dengan bantuan kapal dari Kementrian Perhubungan untuk pemerintah kota tual, maka bisa menjawab rentang kendali masyarakat kota Tual terutama masyarakat yang di pulau- pulau.
Untuk diketahui, Kementerian Perhubungan segera menghibahkan 24 kapal pelayaran rakyat (Pelra) 35 GT kepada pemerintah daerah.
“Hibah kepada Pemda ini untuk meningkatkan peran serta pemerintah daerah dalam pelayanan transportasi angkutan laut bagi masyarakat lokal di wilayahnya baik untuk penumpang, barang maupun wisata,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Dwi Budi Sutrisno di Jakarta, Senin (16/4) seperti yang dilansir dari beritatrans.
Dwi Budi mengatakan, pada Tahun 2018 Kementerian Perhubungan membangun 100 unit kapal pelra dengan total alokasi anggaran sebesar Rp. 250 Miliar.
“Kapal pelra yang dibangun oleh Kemenhub telah dilengkapi dengan fasilitas peralatan keselamatan yang cukup modern dan lengkap, seperti perlengkapan keselamatan jiwa, perlengkapan pencegahan kebakaran, perlengkapan navigasi, radio komunikasi dan pencegahan pencemaran, serta tetap memperhatikan aspek kenyamanan penumpang” ujarnya.
Selain memberikan bantuan kapal kepada pemerintah daerah, Kemenhub juga memberikan program vokasi bagi para pelaut pelayaran rakyat. Pemberian pelatihan gratis ini dilakukan agar para pelaut pelayaran rakyat tersebut memiliki kompetensi yang lebih baik serta lebih mengerti tentang aspek keselamatan pelayaran, selain itu kemenhub juga memberikan bantuan berupa lifejacket kepada pelra.
Berikut adalah nama galangan kapal pembangun 24 kapal pelra yang siap dihibahkan kepada Pemerintah Daerah:
1) 5 unit kapal dibangun PT. Barokah Marine Pekalongan yang diberi nama KM. Banawa Nusantara 1 s.d. 5 (Pemda penerima hibah yaitu Kabupaten Belitung, Pemprov Bangka Belitung, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Natuna);
2) 5 unit kapal dibangun PT Empat Sekawan Marine Pasuruan yang diberi nama KM. Banawa Nusantara 6 s.d. 10 (Pemda penerima hibah yaitu Kabupaten Pangkajene dan kepulauan, Kabupaten Mesuji Lampung, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Selayar dan Kabupaten Bulukumba);
3) 4 unit kapal dibangun PT Trisetia Cipta Persada Pasuruan yang diberi nama KM. Banawa Nusantara 11 s.d. 14 (Pemda penerima hibah yaitu Kabupaten Situbondo, Kabupaten Sumba Timur , Kabupaten Sabu Raijua dan Kabupaten Rote Ndao)
4) 5 unit kapal dibangun CV. Sumber Pratama Makassar yang diberi nama KM. Banawa Nusantara 15 s.d. 19 (Pemda penerima hibah yaitu Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Morowali, Kabupaten Maluku tengga ra Barat, Kabupaten Maluku Tenggara, dan Pemkot Tual);
5) 4 unit kapal dibangun PT. Swarna Centra Buana Indonesia Bulukumba yang diberi nama KM. Banawa Nusantara 20 s,d. 23 (Pemda penerima hibah yaitu Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Banggai Kepulauan, dan Kabupaten Seram Bagian Timur)
6) 1 unit kapal dibangun PT. Putra Arung Samudra Bulukumba yang diberi nama KM. Banawa Nusantara 24 (Pemda penerima hibah yaitu Pemprov DKI Jakarta).Sumber: Google News | Liputan 24 Banawa

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »