Bupati Meranti Hadiri Rakor Pengembangan Komoditi Kelapa ... | Liputan 24 Sulawesi Tengah
Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bupati Meranti Hadiri Rakor Pengembangan Komoditi Kelapa ...

Posted by On 11:29 PM

Bupati Meranti Hadiri Rakor Pengembangan Komoditi Kelapa ...

Bupati Meranti Hadiri Rakor Pengembangan Komoditi Kelapa Nasional Jumat, 01/06/2018 - 18:40:29 WIB

TERKAIT:
  • Bujang Dara Meranti Jalin Silaturrahmi Bersama Pondok Pengajian Raudhatul Jannah
  • Kapal Pembawa Minuman Kebutuhan Lebaran Tertangkap, Pemkab Meranti Surati BC Tanjung Balai
  • Sanksi Menanti Pejabat Meranti yang Nambah Cuti Lebaran
  • JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti berkomitmen untuk mengembangkan potensi perkebunan daerah. Selain pengembangan Sagu, salah satu komoditi unggulan perkebunan lainnya adalah Kelapa.
    Dalam Rakor bersama menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasutio n yang digelar di Jakarta, Kamis (31/5/2018) malam itu Bupati Kepulauan Meranti menyampaikan perhatiannya terhadap harga komoditas kelapa yang terus menurun.
    Rapat tersebut juga menghadirkan anggota yang tergabung kedalam koalisi Pemerintah Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK), dengan tujuan mengembalikan kejayaan kelapa Indonesia baik Nasional maupun Internasional, melalui peningkatan produktifitas dan kualitas, apalagi salah satu buah hasil perkebunan tropis itu telah diakui dan diekspor ke manca negara seperti Amerika Serikat, RRC serta negara tetangga Malaysia, Singapura.
    KOPEK sendiri merupakan Koalisi yang berangotakan Pemerintah Kabupaten Penghasil Kelapa diantaranya, Bupati Kepulauan Meranti, Bupati Sigibiromaru, Bupati Inhil, Bupati Kulonprogo, Bupati Lingga, Bupati Buol, Bupati Tanjung Jabung Timur, Bupati Gorontalo, Bupati Agam, dan Bupati Lampung Selatan serta lainnya.
    Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan yang didampingi Kepala Bappeda H Makmun Murod, Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Prasetyo serta Kabag Humas dan Protokol Helfandi turut menyampaikan masukannya terkait permasalahan kelapa khususnya di Kepulauan Meranti, menurutnya jika bicara kelapa bukan hanya soal Replanting atau bibit saja, lebih dari itu pemerintah juga harus berfikir bagaimana cara meningkatkan pendapatan petani kelapa.
    Seperti diketahui Kabupaten Kepulauan Meranti termasuk salah satu daerah penghasil kelapa dengan luas perkebunan mencapai 31.653 hektar.
    "Harapan kita potensi perkebunan yang kesemuanya milik maayarakat itu, dapat meningkatkan kesejahteraan dan taraf ekonominya," ungkap Bupati Irwan.
    Irwan juga menjelaskan, bahwa pengelolaan perkebunan kelapa yang ada di Meranti sudah dilakukan pola tumpang sari, dimana pada lahan itu masyarakat turut mengembangkan perkebunan Kopi Liberika yang menjadi andalan dan peternakan Sapi.
    Diakui Bupati, berdasarkan hasil diskusi dengan petani baru baru ini, mereka mengeluhkan tidak stabiln ya harga komoditi kelapa yang sebelumnya mencapai Rp1500 perbutir, kini hanya berkisar Rp700 perbutir yang di dalamnya termasuk upah angkut.
    "Jadi untuk perbutir kelapa petani hanya mendapat bersih Rp500," aku Bupati.
    Disitulah menurut Bupati perlu kehadiran pemerintah untuk mencari solusi yang tepat dalam rangka mengangkat taraf ekonomi masyarakat, seperti membuat regulasi yang berpihak kepada rakyat khususnya petani kelapa, apakah melalui Kementrian Perdagangan atau Kementrian terkait lainnya.
    Sementara itu Ketua KOPEK Bupati Gorontalo Nelson Pomalinggo, dalam pertemuan itu mengungkapkan, sejak terbentuk wadah ini, pihaknya selalu melakukan konsolidasi dan kegiatan dalam rangka mengembalikan kejayaan kelapa.
    KOPEK memiliki cita cita yang akan dilaksanakan dalam program strategisnya yakni:
    Melakukan replanting 5 juta hektar 5 -10 tahun kedepan, pengembangan irigasi agar air asin tidak masuk, dikeluarkannya regulasi yang mengatur harga kelapa dari keme nterian terkait, regulasi perkebunan kelapa diwilayah HTI, serta pajak ekspor butiran kelapa untuk daerah.
    Penulis: Ali Imroen/RilisEditor: Yusni Fatimah
    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0813 7176 0777
    via EMAIL: redaksi@halloriau.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)
    Berita Lainnya :
  • Suyatno; ‘’Samudera’’ Pengabdian Tak Bertepi
  • Portugal Vs Spanyol, Pertarungan Dua Kandidat Juara
  • Jokowi akan Salat Id di Bogor, JK di Ist iqlal
  • Pawai Takbir Keliling di Pekanbaru Berlangsung Meriah
  • 100 Personel Polres Inhu Amankan Pawai Lebaran
  • Komentar Anda : Sumber: Google News | Liputan 24 Sigi Biromaru

    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »