GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Lagu "Hidup Rukun dan Damai", Favorit Saat Usaha Perdamaian ...

Lagu "Hidup Rukun dan Damai", Favorit Saat Usaha Perdamaian ...

Lagu "Hidup Rukun dan Damai", Favorit Saat Usaha Perdamaian Konflik Poso vPastor Cardo Renwarin menanggapi soal lagu "Hidup Rukun dan Damai…

Lagu "Hidup Rukun dan Damai", Favorit Saat Usaha Perdamaian ...

Lagu "Hidup Rukun dan Damai", Favorit Saat Usaha Perdamaian Konflik Poso

vPastor Cardo Renwarin menanggapi soal lagu "Hidup Rukun dan Damai Ciptaan Pastor Marsel Rarun MSC

Lagu IstPastor Cardo

Laporan Wartawan Tribun Manado David Manewus

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pastor Cardo Renwarin menanggapi soal lagu "Hidup Rukun dan Damai Ciptaan Pastor Marsel Rarun MSC. Lagu itu katanya menjadi favorit tahun 2000 dan saat konflik Poso.

"Tahun 2000 di Sulut gubernur mencanangkan semboyan torang samua basudara. Nilai toleransi yang amat kuat hidup di Sulut ini membuat tokoh-tokoh agama sulut diutus untuk merukunkan konflik poso. Lagu hi dup rukun dan damai ini jadi favorit yang turut serta. Liriknya diambil dari mazmur," katanya.

"Melodinya bernuansa pasifik dan mengena untuk jiwa indonesia," tambahnya.

Diketahui, Pastor Marsel memang membuat lagu ini dalam semangat inkulturasi (masuk ke budaya setempat). Ia membuatnya dalam semangat konsili Vatikan kedua).

Diketahui dari berbagai sumber juga saat konsili (pembaharuan) iti dihasilkan dokumen-dokumen tentang gereja-gereja Katolik Timur, Ekumenisme, dan agama-agama bukan kristiani. Dekrit tentang Gereja-gereja Timur Katolik disebut Orientalium Ecclesiarum.

Dekrit tentang Ekumenisme disebut Unitatis Redintegratio. Sementara pernyataan soal hubungan Gereja dengan Agama-agama bukan kristiani disebut Nostra Aetatate.

Penulis: David_Manewus Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang Sumber: Tribun Manado Ikuti kami di Dikira Ikan Besar, Ternyata yang Menyangkut di Kailnya Mayat, Peserta Lomba Mancing di Citarum Geger Sumber: Google News | Liputan 24 Poso

No comments