Aksi Gerakan #2019GantiPresiden di Palu Diwarnai Kemunculan ... | Liputan 24 Sulawesi Tengah
Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Aksi Gerakan #2019GantiPresiden di Palu Diwarnai Kemunculan ...

Posted by On 9:36 AM

Aksi Gerakan #2019GantiPresiden di Palu Diwarnai Kemunculan ...

KIBLAT.NET, Palu â€" Aksi gerakan #2019GantiPresiden digelar di Palu, Sulawesi Tengah pada Sabtu (28/07/2018). Panitia harus melakukan perubahan agenda dalam aksi itu, karena di saat yang bersamaan muncul aksi tandingan.

Presidium Gerakan #2019GantiPresiden Sulawesi Tengah telah merencanakan aksi yang digelar pada Sabtu (28/07/2019) sore di Kota Palu sejak beberapa hari yang lalu. Panitia berencana akan menggelar longmarch dari depan Gedung Juang Taman Kota Palu dan menuju Bundaran Titik Nol di Jalan Sultan Hasanuddin.

Andi Akbar Panguriseng, anggota presidium gerakan #2019GantiPresiden Sulawesi Tengah, menuturkan tak ada perubahan dalam rencana tersebut hingga pada Sabtu pagi. Namun, memasuki pukul 08.00 WITA pihak Polres Palu menghubungi panitia dan meminta untuk dilakukan perubahan rute longmarch, karena di waktu bersamaan akan ada aksi pendukung gerakan #KamiJokowi.

S aat pelaksanaan, ratusan massa aksi gerakan #2019GantiPresiden sejak pukul 15.30 Wita sudah berkumpul Depan Gedung Juang Taman Kota Palu dan bersiap melakukan longmarch. Pada praktiknya mereka harus mengubah arah dan rute, yaitu dimulai dari Taman Kota Palu lalu berputar di depan Kantor DPRD Kota Palu dan kembali lagi ke titik awal.

Akbar mengaku sangat kecewa dan menyesalkan sikap Polres Palu yang meminta pihaknya mengubah agenda aksi. Menurutnya, seminggu sebelum aksi Presidium #2019GantiPresiden Sulawesi Tengah sudah melakukan konsilidasi dengan pihak keamanan terkait kegiatan aksi gerakan #2019GantiPresiden. Namun, hal itu jadi tak berarti ketika secara tiba-tiba di hari yang sama ada aksi yang dilakukan sekelompok orang yang menamakan diri Aliansi Kita Jokowi.

BACA JUGA Komisi Politik Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional Tetapkan Kriteria Calon Presiden

Demi menjaga kondusifitas dan mengantisipasi terjadinya gesekan kedua belah pihak, presidium #2019GantiPresiden Sulaw esi Tengah akhirnya menuruti permintaan pihak keamanan. “Yang sangat kami sesalkan hari ini juga ada juga aksi tandingan yang mana itu adalah aksi yang sama dan di waktu yang sama juga,” ujar Akbar, Sabtu (28/07/2018).

“Pihak keamanan juga memberitahukan tidak ada aksi serupa pada hari Sabtu,” imbuhnya.

Terkait aksi #2019GantiPresiden Sulawesi Tengah, Akbar menjelaskan gerakan ganti presiden bukanlah gerakan politik atau kampanye, melainkan murni gerakan sosial. Hal itu dilatarbelakangi oleh kekecewaan masyarakat terhadap kinerja rezim.

“Gerakan hastag #2019GantiPresiden ini murni gerakan sosial oleh sebagian masyarakat yang kecewa dengan kinerja rezim sekarang ini yang dinilai sangat tidak berpihak kepada rakyat,” ungkapnya.

Akbar menambahkan aksi gerakan #2019GantiPresiden kali ini bukanlah yang terkahir, karena pihaknya akan terus melihat respon dan antusiasme masyarakat terhadap gerakan itu.

“Gerakan hari ini masih pra kondisi, da lam waktu dekat kami dari Presidium akan mengumpulkan lebih banyak lagi massa aksi untuk ikut Gerakan #2019GantiPresiden dan mendeklarasikan Gerakan hastag #2019GantiPresiden Sulawesi Tengah,” pungkasnya.

Sementara, aksi yang dilakukan Aliansi Kita Jokowi hanya melibatkan belasan orang. Pemimpin aksi Wahyu Perdana Putra menyebut pihaknya mendukung dua periode Joko Widodo sebagai presiden. Berdasarkan pantauan di lapangan, aksi kedua kubu berlangsung tertib.

Reporter: Salam Abdurrahman
Editor: Imam S.

Sumber: Berita Sulawesi Tengah

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »