Dua Event Sulteng Masuk Top 100 Wonderful Event Indonesia 2018 | Liputan 24 Sulawesi Tengah
Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Dua Event Sulteng Masuk Top 100 Wonderful Event Indonesia 2018

Posted by On 12:55 AM

Dua Event Sulteng Masuk Top 100 Wonderful Event Indonesia 2018

Gubernur Sulteng dan Menpar, Launching CoE Sulteng

Gubernur Sulteng dan Menpar. (Foto: Dok. Kementerian Pariwisata)
Dua event unggulan Sulawesi Tengah masuk ke dalam agenda 100 Wonderful Event Indonesia 2018. Di antaranya adalah Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) dan Festival Pesona Lipuku.Hal ini diungkapkan Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Pemerintah Sulawesi Tengah dalam acara Launching Calendar of Event Sulawesi Tengah 2018. Acara yang dilaksanakan pada Selasa (17/7) itu digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona,Jakarta.Selain dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, acara peresmian yang bertajuk 'Bringing Central Celebes to the World', juga dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djan ggola, Ketua DPRD Sulteng H. Aminuddin Ponulele, dan Ketua PB ISSI Raja Sapta Oktohari.

Launching CoE Sulteng

Launching CoE Sulteng. (Foto: Dok. Kementerian Pariwisata)
Acara peluncuran Calendar of Event ini diapresiasi oleh Menpar sebagai langkah promosi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sulawesi Tengah. Pasalnya untuk tahun 2018, Sulawesi Tengah memasang target sebanyak 3.750 ribu wisatawan domestik dan 75 ribu wisatawan mancanegara.Dua festival unggulan tersebut menjadi andalan Sulawesi Tengah dalam mempromosikan wisata dan budaya. Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) 2018 merupakan festival budaya yang akan berlangsung di Teluk Palu pada 28 September - 3 Oktober 2018. Festival budaya yang menyajikan keunikan ritual adat Kota Palu ini diproyeksikan akan menarik 100 ribu pengunjung.Sedangkan Festival Pesona Lipuku 2018 merupakan event yang menampilkan bela diri tradisional, foto keindahan laut Togean, road race, tari-tarian tradisional, lomba perahu, dan lomba kuliner masakan lokal dengan bahan utama berupa ikan segar, kepiting, udang dan tiram. Festival budaya yang memasuki tahun ke-2 ini akan berlangsung di Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una pada 2-6 November 2018. Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengungkapkan bahwa acara peluncuran Calendar of Event Central Celebes ini diharapkan dapat mempromosikan pariwisata di Sulawesi Tengah."Terdiri dari pariwisata, sport, art, dan budaya, kedua event yang telah masuk 100 Wonderful Event Indonesia 2018 dapat jadi model bagi festival lainnya," tutur Longki.

Baca Juga :

  • Waspadai 5 Penyakit yang Rentan Menyerangmu saat Traveling
  • Tiket Promo Emirates Jakarta-Dubai Mulai Rp 10 Juta hingga 29 Juli
Ia juga berharap festival daerah lainnya kelak dapat masuk ke dalam agenda 100 Wonderful Event Indonesia 2018. Sementara menurut Arief Yahya, pariwisata Sulteng sudah waktunya berkembang jadi destinasi kelas dunia. "Festival Pesona Palu Nomoni pertama 2016. Tahun itu Palu terpilih sebagai penyelenggara terbaik dan terheboh ketika ada fenomena Gerhana Matahari Total 2016 dan itu sekaligus bukti Palu mampu menyuguhkan kegiatan wisata kelas dunia. Ketika itu saya katakan kami siap mendukung Palu Go Internasional,” kata Arief.Ia optimis apabila event daerah dilaksanakan dengan baik maka keberadaan event ini dapat meningkatkan pendapatan per kapita sekaligus meningkatkan indeks kebahagiaan penduduk setempat.Selain Festival Pesona Palu Nomoni dan Festival Pesona Lipuku, Sulawesi Tengah punya berbagai event lainnya yang dapat kamu nikmati saat menyambangi Sulawesi Tengah. Salah satu event Pemda Sulawesi Tengah yang menjadi event internasional adalah Tour de Central Celebes. Lomba balap sepeda internasional ini menggabungkan cultural event dengan olahraga. Tour de Central Celebes 2018 merupakan acara sport tourism yang akan digelar untuk kedua kalinya. Event itu rencananya akan dilaksanakan pada 14-18 Oktober 2018. Hingga saat ini, Pemda Sulteng telah mencatat 20 tim yang akan berlomba dalam Tour de Central Celebes 2018. Lima tim dari dalam negeri dan 15 lainnya berasal dari mancanegara.Dalam Calendar of Event Central Celebes, Pemda Sulteng mendaftarkan berbagai festival daerah dalam agendanya. Event tersebut antara lain Togean Internasional Oceanic akan berlangsung di Pulau Togean pada 7-11 Agustus 2018; Tour de Central Celebes ke-2, Festival Teluk Tomini ke-6 akan berlangsung di Parigi, Kabupaten Parigi Moutong pada 14-16 Oktober 2018, Festival Danau Tektonik Poso ke-22 akan berlangsung di Tentena, Kabupaten Poso pada 15-19 Oktober 2018; Festival Teluk Tomori ke-5 di Kolonodale, Kabupaten Morowali Utara pada 19-23 Oktober 2018; dan Festival Pulau Dua ke-2 akan berlangsung di Luwuk, Kabupaten Banggai pada 27-28 Oktober 2018.Sumber : Berita Sulawesi Tengah

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »